SUGENG RAWUH asalcoret

Tuesday 18 October 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN




Nama Sekolah               : SMP Muhammadiyah 3 Ponorogo
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Kelas                              : VIII
Fokus / Skill                   : Writing
Alokasi Waktu               : 2 x 40 menit
Jumlah Pertemuan         : 1 kali

Standar Kompetensi
2.      Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar    
2.1.   Merespon makna dan langkah retorika dalam esai pendek sederhana dalam teks berbentuk descriptive teks.
Indikator                   
2.1.1.      mengidentifikasi teks fungsional pendek.

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN
      1.        Siswa dapat mengidentifikasi teks fungsional pendek sehingga mampu menulis teks deskriptif dengan konstruksi kalimat yang benar.
II.  MATERI PEMBELAJARAN
1.      Melengkapi teks tulis yang berbentuk descriptive teks.
2.      Membuat teks berbentuk descriptive teks.
III.             METODE/ STRATEGI PEMBELAJARAN
            Dicto comp and sentence completion
IV.             KEGIATAN PEMBELAJARAN

NO
TAHAPAN
AKTIVITAS
WAKTU
GURU
SISWA
1
E
X
P
L
O
R
A
T
I
O
N
KegiatanAwal
1.    Greeting danchecking students’ presence
2.    Menyampaikantujuanpembelajaran
3.    Memotivasi peserta didik dengan menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
1.    Menjawabgreeting dari guru

2.    Mendengarkanpenjelasan guru denganseksama
3.    Memperhatikan guru
10 menit
2





E
L
A
B
O
R
A
T
I
O
N
KegiatanInti
4.    Meminta siswa untuk duduk dengan memperhatikan ucapan guru
5.    Menyampaikan materi
6.    Mengarahkan setiap peserta didik untuk membaca dan memahami teks deskriptif.


7.    mengarahkan siswa untuk membuat teks deskriptif.
4.    Duduk dengan tenang dan memperhatikan  ucapan guru
5.    Memperhatikan guru.
6.    Membaca dan Memahami  sesuai dengan yang diperintahkan guru.
7.    Membuat teks deskriptif sesuai yang di perintahkan oleh guru
5 menit

10 menit

10 menit

25 menit



3
R
E
F
L
E
C
T
I
O
N
KegiatanAkhir
8.    Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal – hal yang belum di pahami
9.    Menyimpulkan materi yang telah dibahas.


10.              Menutupdengansalam
8.    Bertanya tentang hal – hal yang belum dipaham

9.    Memperhatikanpenjelasan guru

10.              Menjawabsalam
5 menit


10 menit

5 menit

SUMBER PEMBELAJARAN
1.      SumberPembelajaran        
-          LKS BahasaInggris
II.  PENILAIAN
RubrikPenilaianMenulis (Esai)
No
Aspek
Kriteria
Skor
1
Tata bahasa.
Semua benar.                                      
Kurang tepat, tetapi tidak mempengaruhi makna.
Kurang tepat dan mempengaruhi makna.      
Tata bahasa tidak tepat.                     
Semua salah.  
4
3
2
1
0
2
Koherensi.
Hubungan antar gagasan jelas.           
Terdapat transisi hubungan antar gagasan.
Hubungan antar gagasan kurang jelas.           
Hubungan antar gagasan tidak jelas. 
Sama sekali tidak terdapat hubungan antar gagasan.
4
3
2
1
0
3
Keterbacaan.
Makna jelas dan diungkapkan secara efektif.
Makna jelas, tetapi tidak diungkapkan secara efektif.
Makna kurang jelas.   
Makna tidak dapat dipahami.
Tidakbermakna.
4
3

2
1
0
4
Diksi.
Pilihan kata tepat dan efektif.            
Pilihan kata tepat, tetapi kurang efektif.        
Pilihan kata kurang tepat dan tidak efektif.  
Pilihan kata tidak tepat dan tidak efektif.
Salah semua.
4
3
2
1
0
5
Tujuankomunikatif
teks.
Jelas.                                       
Cukup jelas, tetapi masih ada kesalahan.
Sulit dimengerti.
Tidak jelas.
Salah.                
4
3
2
1
0

Skor maksimal = 20
Nilai siswa = Skor perolehan  X 10 = . . . .
                    Skor maksimal
                  = Skor perolehan  X 10 = . . . .
                              20
LAMPIRAN
-          Hand out materi










Mengetahui
Guru Pamong


Heru Sukoco
           

         Sambit, 9september 2013
Guru Bahasa Inggris


Didik Calistio Handoko






Hand Out Materi:
A.    Fill blanks with the words in the box. You can use one word more than once.
            Grely is my beautiful (1)…… Persian cat. He walks with (2)…..and grace, performing a dance of disdain  as he slowly lifts and lowers each paw with the delicacy of a (3)……dancer. His pride however , does not extend to his (4)….., for he spends most of his time indoor watching television and growing (5)…., he enjoys TV commercials, especially those for meow mix and 9 lives. His familiarity with cat food commercials has led him to reject generic brands of cat food in favor of only the most (6)…..brands.
a.      Fat
b.      Ballet
c.       expensive
d.      pride
e.       gray
f.       appearance
B.     Read entitled “grely” again more carefully. Then, answer the following questions.
1.      what is Grely?
answer :……………
2.      what does Grely do to spend his time most?
answer :……………
3.      what are the name of TV show Grely enjoy?
answer :…………….
4.      how does Grely walk?
answer :………………
5.      what is the effect of familiarity with cat food to Grely?
answer :…………..
C.    Write a descriptive text about your family members. Then identify the generic structure and language feature of the text.
D.    Read the advertisement and answer the question below!
      A dog was found in time zone grand mall Surakarta. the dog is a cute black and white Siberian Hawsky male. his weight is 7 kilograms and his height is 60 cm. he wears blue ribbon around his neck. please contact Dimas Nugroho 0391-8393872.
1.      Where do you usually find such an advertisement?
Answer :……….
2.      What is about it?
Answer :……….

Thursday 23 June 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah               : SMP Muhammadiyah 3 Ponorogo
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Kelas                              : VIII
Fokus / Skill                   : Writing
Alokasi Waktu               : 2 x 40 menit
Jumlah Pertemuan         : 1 kali

Standar Kompetensi
2.      Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar    
2.1.   Merespon makna dalam teks tulis fingsional pendek sederhana.
Indikator                   
2.1.1.      Mengidentifikasi tanda dan teks fungsional pendek.
I.     TUJUAN PEMBELAJARAN
      1.        Siswa dapat mengidentifikasi tanda sehingga siswa mampu memahami fungsi bentuk tanda.
II.  MATERI PEMBELAJARAN
1.      Mengidentifikasi tanda.
III.             METODE/ STRATEGI PEMBELAJARAN
            Three-Phase Technique

IV.             KEGIATAN PEMBELAJARAN

NO
TAHAPAN
AKTIVITAS
WAKTU
GURU
SISWA
1
E
X
P
L
O
R
A
T
I
O
N
Kegiatan Awal
1.    Greeting dan checking students’ presence
2.    Menyampaikan tujuan pembelajaran
3.    Memotivasi peserta didik dengan menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
1.    Menjawab greeting dari guru

2.    Mendengarkan penjelasan guru dengan seksama
3.    Memperhatikan guru
10 menit
2





E
L
A
B
O
R
A
T
I
O
N
Kegiatan Inti
4.    Meminta siswa untuk duduk dengan memperhatikan ucapan guru

5.    Menyampaikan materi

6.    Mengarahkan setiap peserta didik untuk memahami dan fungsi tanda.






4.    Duduk dengan tenang dan memperhatikan  ucapan guru


5.    Memperhatikan guru.

6.    Memahami tanda sesuai dengan yang diperintahkan guru.




5 menit





10 menit


35 menit









3
R
E
F
L
E
C
T
I
O
N
Kegiatan Akhir
7.    Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal – hal yang belum di pahami
8.    Menyimpulkan materi yang telah dibahas
9.    Menutup dengan salam
7.    Bertanya tentang hal – hal yang belum dipahami



8.    Memperhatikan penjelasan guru

9.    Menjawab salam
5 menit





10 menit


5 menit

SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Sumber Pembelajaran       
-          LKS Bahasa Inggris
II.  PENILAIAN
Rubrik Penilaian Menulis (Esai)
No
Aspek
Kriteria
Skor
1
Tata bahasa.
Semua benar.                                      
Kurang tepat, tetapi tidak mempengaruhi makna.
Kurang tepat dan mempengaruhi makna.      
Tata bahasa tidak tepat.                     
Semua salah.  
4
3
2
1
0
2
Koherensi.
Hubungan antar gagasan jelas.           
Terdapat transisi hubungan antar gagasan.
Hubungan antar gagasan kurang jelas.           
Hubungan antar gagasan tidak jelas. 
Sama sekali tidak terdapat hubungan antar gagasan.
4
3
2
1
0
3
Keterbacaan.
Makna jelas dan diungkapkan secara efektif.
Makna jelas, tetapi tidak diungkapkan secara efektif.
Makna kurang jelas.   
Makna tidak dapat dipahami.
Tidak bermakna.
4
3

2
1
0
4
Diksi.
Pilihan kata tepat dan efektif.            
Pilihan kata tepat, tetapi kurang efektif.        
Pilihan kata kurang tepat dan tidak efektif.  
Pilihan kata tidak tepat dan tidak efektif.
Salah semua.
4
3
2
1
0
5
Tujuan komunikatif
teks.
Jelas.                                       
Cukup jelas, tetapi masih ada kesalahan.
Sulit dimengerti.
Tidak jelas.
Salah.                
4
3
2
1
0

Skor maksimal = 20
Nilai siswa = Skor perolehan  X 10 = . . . .
                      Skor maksimal
                  = Skor perolehan  X 10 = . . . .
                              20

LAMPIRAN
-          Hand out materi



Mengetahui
Guru Pamong


Heru Sukoco
           

         Sambit, 8 september 2013
Guru Bahasa Inggris


Didik Calistio Handoko





LAMPIRAN
Hand out Materi
a.      Look at the sign below then answer the question.
Do not feed The animal

1.      Where do you usually find sign above?
Answer:………………………………
2.      What does the sign mean?
Answer:……………………………..
3.      Why are we prohibited to feed  the animal?
Answer:……………………………...
b.      Discuss the following sign with your friend. Where do you usually find this sign? What is the meaning?
rokok-no.jpg
c.       Read the following notice and the mention the place/places where you can find them and what the sign means.

OUT  OF ORDER

SLOW CHILDREN AT PLAY

QUITE PLEASE

QUEUE THIS SIDE PLEASE

NO CYCLING ON THE FOOTPATH