SUGENG RAWUH asalcoret

Tuesday 18 October 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN




Nama Sekolah               : SMP Muhammadiyah 3 Ponorogo
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Kelas                              : VIII
Fokus / Skill                   : Writing
Alokasi Waktu               : 2 x 40 menit
Jumlah Pertemuan         : 1 kali

Standar Kompetensi
2.      Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar    
2.1.   Merespon makna dan langkah retorika dalam esai pendek sederhana dalam teks berbentuk descriptive teks.
Indikator                   
2.1.1.      mengidentifikasi teks fungsional pendek.

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN
      1.        Siswa dapat mengidentifikasi teks fungsional pendek sehingga mampu menulis teks deskriptif dengan konstruksi kalimat yang benar.
II.  MATERI PEMBELAJARAN
1.      Melengkapi teks tulis yang berbentuk descriptive teks.
2.      Membuat teks berbentuk descriptive teks.
III.             METODE/ STRATEGI PEMBELAJARAN
            Dicto comp and sentence completion
IV.             KEGIATAN PEMBELAJARAN

NO
TAHAPAN
AKTIVITAS
WAKTU
GURU
SISWA
1
E
X
P
L
O
R
A
T
I
O
N
KegiatanAwal
1.    Greeting danchecking students’ presence
2.    Menyampaikantujuanpembelajaran
3.    Memotivasi peserta didik dengan menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
1.    Menjawabgreeting dari guru

2.    Mendengarkanpenjelasan guru denganseksama
3.    Memperhatikan guru
10 menit
2





E
L
A
B
O
R
A
T
I
O
N
KegiatanInti
4.    Meminta siswa untuk duduk dengan memperhatikan ucapan guru
5.    Menyampaikan materi
6.    Mengarahkan setiap peserta didik untuk membaca dan memahami teks deskriptif.


7.    mengarahkan siswa untuk membuat teks deskriptif.
4.    Duduk dengan tenang dan memperhatikan  ucapan guru
5.    Memperhatikan guru.
6.    Membaca dan Memahami  sesuai dengan yang diperintahkan guru.
7.    Membuat teks deskriptif sesuai yang di perintahkan oleh guru
5 menit

10 menit

10 menit

25 menit



3
R
E
F
L
E
C
T
I
O
N
KegiatanAkhir
8.    Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal – hal yang belum di pahami
9.    Menyimpulkan materi yang telah dibahas.


10.              Menutupdengansalam
8.    Bertanya tentang hal – hal yang belum dipaham

9.    Memperhatikanpenjelasan guru

10.              Menjawabsalam
5 menit


10 menit

5 menit

SUMBER PEMBELAJARAN
1.      SumberPembelajaran        
-          LKS BahasaInggris
II.  PENILAIAN
RubrikPenilaianMenulis (Esai)
No
Aspek
Kriteria
Skor
1
Tata bahasa.
Semua benar.                                      
Kurang tepat, tetapi tidak mempengaruhi makna.
Kurang tepat dan mempengaruhi makna.      
Tata bahasa tidak tepat.                     
Semua salah.  
4
3
2
1
0
2
Koherensi.
Hubungan antar gagasan jelas.           
Terdapat transisi hubungan antar gagasan.
Hubungan antar gagasan kurang jelas.           
Hubungan antar gagasan tidak jelas. 
Sama sekali tidak terdapat hubungan antar gagasan.
4
3
2
1
0
3
Keterbacaan.
Makna jelas dan diungkapkan secara efektif.
Makna jelas, tetapi tidak diungkapkan secara efektif.
Makna kurang jelas.   
Makna tidak dapat dipahami.
Tidakbermakna.
4
3

2
1
0
4
Diksi.
Pilihan kata tepat dan efektif.            
Pilihan kata tepat, tetapi kurang efektif.        
Pilihan kata kurang tepat dan tidak efektif.  
Pilihan kata tidak tepat dan tidak efektif.
Salah semua.
4
3
2
1
0
5
Tujuankomunikatif
teks.
Jelas.                                       
Cukup jelas, tetapi masih ada kesalahan.
Sulit dimengerti.
Tidak jelas.
Salah.                
4
3
2
1
0

Skor maksimal = 20
Nilai siswa = Skor perolehan  X 10 = . . . .
                    Skor maksimal
                  = Skor perolehan  X 10 = . . . .
                              20
LAMPIRAN
-          Hand out materi










Mengetahui
Guru Pamong


Heru Sukoco
           

         Sambit, 9september 2013
Guru Bahasa Inggris


Didik Calistio Handoko






Hand Out Materi:
A.    Fill blanks with the words in the box. You can use one word more than once.
            Grely is my beautiful (1)…… Persian cat. He walks with (2)…..and grace, performing a dance of disdain  as he slowly lifts and lowers each paw with the delicacy of a (3)……dancer. His pride however , does not extend to his (4)….., for he spends most of his time indoor watching television and growing (5)…., he enjoys TV commercials, especially those for meow mix and 9 lives. His familiarity with cat food commercials has led him to reject generic brands of cat food in favor of only the most (6)…..brands.
a.      Fat
b.      Ballet
c.       expensive
d.      pride
e.       gray
f.       appearance
B.     Read entitled “grely” again more carefully. Then, answer the following questions.
1.      what is Grely?
answer :……………
2.      what does Grely do to spend his time most?
answer :……………
3.      what are the name of TV show Grely enjoy?
answer :…………….
4.      how does Grely walk?
answer :………………
5.      what is the effect of familiarity with cat food to Grely?
answer :…………..
C.    Write a descriptive text about your family members. Then identify the generic structure and language feature of the text.
D.    Read the advertisement and answer the question below!
      A dog was found in time zone grand mall Surakarta. the dog is a cute black and white Siberian Hawsky male. his weight is 7 kilograms and his height is 60 cm. he wears blue ribbon around his neck. please contact Dimas Nugroho 0391-8393872.
1.      Where do you usually find such an advertisement?
Answer :……….
2.      What is about it?
Answer :……….