Nama Sekolah :
SMP Muhammadiyah 3 Ponorogo
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas :
VIII
Fokus / Skill :
Writing
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
Jumlah Pertemuan :
1 kali
Kompetensi Dasar
2.1. Merespon makna dan langkah retorika
dalam esai pendek sederhana dalam teks berbentuk descriptive teks.
Indikator
2.1.1. mengidentifikasi
teks fungsional pendek.
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa dapat mengidentifikasi teks fungsional pendek sehingga mampu menulis teks deskriptif dengan konstruksi
kalimat yang benar.
II. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Melengkapi teks tulis yang berbentuk descriptive teks.
2.
Membuat teks berbentuk descriptive teks.
III.
METODE/
STRATEGI PEMBELAJARAN
Dicto
comp and sentence completion
IV.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
NO
|
TAHAPAN
|
AKTIVITAS
|
WAKTU
|
||
GURU
|
SISWA
|
||||
1
|
E
X
P
L
O
R
A
T
I
O
N
|
KegiatanAwal
|
1.
Greeting danchecking students’ presence
2.
Menyampaikantujuanpembelajaran
3. Memotivasi peserta didik dengan
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
|
1.
Menjawabgreeting dari guru
2.
Mendengarkanpenjelasan guru denganseksama
3.
Memperhatikan guru
|
10 menit
|
2
|
E
L
A
B
O
R
A
T
I
O
N
|
KegiatanInti
|
4. Meminta siswa untuk duduk dengan
memperhatikan ucapan guru
5. Menyampaikan materi
6. Mengarahkan setiap peserta didik untuk
membaca dan memahami teks deskriptif.
7. mengarahkan siswa untuk membuat teks
deskriptif.
|
4. Duduk dengan tenang dan memperhatikan ucapan guru
5. Memperhatikan guru.
6. Membaca dan Memahami sesuai dengan yang diperintahkan guru.
7. Membuat teks deskriptif sesuai yang di
perintahkan oleh guru
|
5 menit
10 menit
10 menit
25 menit
|
3
|
R
E
F
L
E
C
T
I
O
N
|
KegiatanAkhir
|
8. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya tentang hal – hal yang belum di pahami
9. Menyimpulkan materi yang telah dibahas.
10.
Menutupdengansalam
|
8. Bertanya tentang hal – hal yang belum
dipaham
9.
Memperhatikanpenjelasan guru
10.
Menjawabsalam
|
5 menit
10 menit
5 menit
|
SUMBER PEMBELAJARAN
1.
SumberPembelajaran
-
LKS BahasaInggris
II. PENILAIAN
RubrikPenilaianMenulis (Esai)
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Tata bahasa.
|
Semua benar.
Kurang tepat, tetapi tidak mempengaruhi makna.
Kurang tepat dan mempengaruhi makna.
Tata bahasa tidak tepat.
Semua salah.
|
4
3
2
1
0
|
2
|
Koherensi.
|
Hubungan
antar gagasan jelas.
Terdapat
transisi hubungan antar gagasan.
Hubungan
antar gagasan kurang jelas.
Hubungan
antar gagasan tidak jelas.
Sama sekali
tidak terdapat hubungan antar gagasan.
|
4
3
2
1
0
|
3
|
Keterbacaan.
|
Makna jelas dan diungkapkan secara
efektif.
Makna jelas, tetapi tidak diungkapkan
secara efektif.
Makna kurang jelas.
Makna tidak dapat dipahami.
Tidakbermakna.
|
4
3
2
1
0
|
4
|
Diksi.
|
Pilihan kata tepat dan efektif.
Pilihan kata tepat, tetapi kurang
efektif.
Pilihan kata
kurang tepat dan tidak efektif.
Pilihan kata
tidak tepat dan tidak efektif.
Salah semua.
|
4
3
2
1
0
|
5
|
Tujuankomunikatif
teks.
|
Jelas.
Cukup jelas, tetapi masih ada kesalahan.
Sulit dimengerti.
Tidak jelas.
Salah.
|
4
3
2
1
0
|
Skor maksimal = 20
Nilai siswa = Skor perolehan X
10 = . . . .
Skor maksimal
= Skor perolehan X 10 = . . . .
20
LAMPIRAN
-
Hand out materi
Mengetahui
Guru Pamong
Heru Sukoco
|
Sambit, 9september 2013
Guru Bahasa Inggris
Didik Calistio Handoko
|
Hand Out Materi:
A.
Fill blanks with the words in the box. You can use one
word more than once.
Grely
is my beautiful (1)…… Persian cat. He walks with (2)…..and grace, performing a
dance of disdain as he slowly lifts and
lowers each paw with the delicacy of a (3)……dancer. His pride however , does
not extend to his (4)….., for he spends most of his time indoor watching
television and growing (5)…., he enjoys TV commercials, especially those for
meow mix and 9 lives. His familiarity with cat food commercials has led him to
reject generic brands of cat food in favor of only the most (6)…..brands.
a.
Fat
b.
Ballet
|
c.
expensive
d.
pride
|
e.
gray
f.
appearance
|
B.
Read entitled “grely” again more carefully. Then,
answer the following questions.
1.
what is Grely?
answer :……………
2.
what does Grely do to spend his time most?
answer :……………
3.
what are the name of TV show Grely enjoy?
answer :…………….
4.
how does Grely walk?
answer :………………
5.
what is the effect of familiarity with cat food to Grely?
answer :…………..
C.
Write a descriptive text about your family members.
Then identify the generic structure and language feature of the text.
D.
Read the advertisement and answer the question below!
A dog
was found in time zone grand mall Surakarta. the dog is a cute black and
white Siberian Hawsky male. his weight is 7 kilograms and his height
is 60 cm. he wears blue ribbon around his neck. please contact Dimas Nugroho
0391-8393872.
|
1.
Where do you usually find such an advertisement?
Answer :……….
2. What
is about it?
Answer :……….