Wednesday 3 August 2016
Thursday 23 June 2016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMP Muhammadiyah 3 Ponorogo
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : VIII
Fokus / Skill : Writing
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Jumlah Pertemuan : 1 kali
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : VIII
Fokus / Skill : Writing
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Jumlah Pertemuan : 1 kali
Standar Kompetensi
2.
Memahami
makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk
descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar
2.1. Merespon makna dalam teks tulis
fingsional pendek sederhana.
Indikator
2.1.1.
Mengidentifikasi tanda dan teks fungsional pendek.
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa dapat mengidentifikasi tanda sehingga siswa mampu
memahami fungsi bentuk tanda.
II. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Mengidentifikasi tanda.
III.
METODE/
STRATEGI PEMBELAJARAN
Three-Phase
Technique
IV.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
NO
|
TAHAPAN
|
AKTIVITAS
|
WAKTU
|
||
GURU
|
SISWA
|
||||
1
|
E
X
P
L
O
R
A
T
I
O
N
|
Kegiatan Awal
|
1.
Greeting dan checking students’ presence
2.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
3. Memotivasi peserta didik dengan
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
|
1.
Menjawab greeting dari guru
2.
Mendengarkan penjelasan guru dengan seksama
3.
Memperhatikan guru
|
10 menit
|
2
|
E
L
A
B
O
R
A
T
I
O
N
|
Kegiatan Inti
|
4. Meminta siswa untuk duduk dengan
memperhatikan ucapan guru
5. Menyampaikan materi
6. Mengarahkan setiap peserta didik untuk
memahami dan fungsi tanda.
|
4. Duduk dengan tenang dan
memperhatikan ucapan guru
5. Memperhatikan guru.
6. Memahami tanda sesuai dengan yang
diperintahkan guru.
|
5 menit
10 menit
35 menit
|
3
|
R
E
F
L
E
C
T
I
O
N
|
Kegiatan Akhir
|
7. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya tentang hal – hal yang belum di pahami
8. Menyimpulkan materi yang telah dibahas
9.
Menutup dengan salam
|
7. Bertanya tentang hal – hal yang belum
dipahami
8.
Memperhatikan penjelasan guru
9.
Menjawab salam
|
5 menit
10 menit
5 menit
|
SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Sumber Pembelajaran
-
LKS Bahasa Inggris
II. PENILAIAN
Rubrik Penilaian Menulis (Esai)
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Tata bahasa.
|
Semua benar.
Kurang tepat, tetapi tidak mempengaruhi makna.
Kurang tepat dan mempengaruhi makna.
Tata bahasa tidak tepat.
Semua salah.
|
4
3
2
1
0
|
2
|
Koherensi.
|
Hubungan
antar gagasan jelas.
Terdapat
transisi hubungan antar gagasan.
Hubungan
antar gagasan kurang jelas.
Hubungan
antar gagasan tidak jelas.
Sama sekali
tidak terdapat hubungan antar gagasan.
|
4
3
2
1
0
|
3
|
Keterbacaan.
|
Makna jelas dan diungkapkan secara
efektif.
Makna jelas, tetapi tidak diungkapkan
secara efektif.
Makna kurang jelas.
Makna tidak dapat dipahami.
Tidak bermakna.
|
4
3
2
1
0
|
4
|
Diksi.
|
Pilihan kata tepat dan efektif.
Pilihan kata tepat, tetapi kurang
efektif.
Pilihan kata
kurang tepat dan tidak efektif.
Pilihan kata
tidak tepat dan tidak efektif.
Salah semua.
|
4
3
2
1
0
|
5
|
Tujuan komunikatif
teks.
|
Jelas.
Cukup jelas, tetapi masih ada kesalahan.
Sulit dimengerti.
Tidak jelas.
Salah.
|
4
3
2
1
0
|
Skor maksimal = 20
Nilai siswa = Skor perolehan X
10 = . . . .
Skor maksimal
= Skor perolehan X 10 = . . . .
20
LAMPIRAN
-
Hand out materi
Mengetahui
Guru Pamong
Heru Sukoco
|
Sambit, 8 september 2013
Guru Bahasa Inggris
Didik Calistio Handoko
|
LAMPIRAN
Hand out Materi
a.
Look at the sign below then answer the question.
Do not feed The animal
|
1. Where
do you usually find sign above?
Answer:………………………………
2. What
does the sign mean?
Answer:……………………………..
3. Why
are we prohibited to feed the animal?
Answer:……………………………...
b.
Discuss the following sign with your friend. Where do
you usually find this sign? What is the meaning?
c.
Read the following notice and the mention the
place/places where you can find them and what the sign means.
OUT OF ORDER
|
SLOW CHILDREN AT PLAY
|
QUITE PLEASE
|
QUEUE THIS SIDE PLEASE
|
NO CYCLING ON THE FOOTPATH
|
Subscribe to:
Posts (Atom)